page contents
Kuis Pengetahuan Umum

Mana Penulisan Kata Bahasa Indonesia yang Betul?

Penulisan Kata Bahasa Indonesia
Written by Adinda Putri

Salah satu tantangan dalam berbahasa Indonesia adalah ejaan penulisannya. Kira-kira kamu tahu nggak ya, penulisan kata Bahasa Indonesia yang benar yang mana. Yuk, langsung aja tebak bareng kuisseru.com di Kuis Pengetahuan Umum berikut ini:

Benar! Ups.. Salah!

Yang benar adalah Cendekiawan. Kata ini memiliki arti orang yang cerdik pandai atau orang intelek. Dalam lingkungan sosial, kata cendekiawan sering digunakan untuk menggambarkan orang yang selalu membaik sikap serta cara berpikirnya dalam suatu masalah.

Benar! Ups.. Salah!

Yang benar adalah hafal, yakni sesuatu yang telah masuk dalam ingatan (berhubungan dengan pelajaran). Bisa juga diartikan sebagai sesuatu yang telah berada di luar kepala.

Benar! Ups.. Salah!

Dari kata ‘colok’ yang mendapat awalan men-, menjadi mencolok.

Benar! Ups.. Salah!

Yang benar adalah efektivitas. Meski dari kata dasar efektif, namun sebagai sebuah kata serapan dari bahasa lain (effective), ketika penulisannya berimbuhan, maka akan kembali ke bentuk aslinya (menggunakan v).

Benar! Ups.. Salah!

Yang benar adalah frekuensi. Ejaan menggunakan huruf w sudah tidak digunakan lagi.

Benar! Ups.. Salah!

Yang benar adalah paham. Kata paham berarti pengertian, pendapat, pikiran, pandangan, tahu benar tentang suatu hal. Sementara itu, kata faham tidak ditemukan dalam KBBI dan diduga merupakan logat pengucapan saja.

Benar! Ups.. Salah!

Jika merunut pada asal katanya dari Bahasa Arab, maka penulisan yang digunakan adalah hadist. Sementara itu, setelah diserap ke dalam Bahasa Indonesia, penulisannya menjadi hadis.

Benar! Ups.. Salah!

Kata yang memiliki arti dalam KBBI adalah praktik, sementara kata praktek berarti praktik. Praktik sendiri berarti melakukan hal yang nyata sesuai dengan teori. Sering juga digunakan untuk menggambarkan tentang pelaksanaan pekerjaan.

Benar! Ups.. Salah!

Meski kata nasehat lebih sering dituliskan, namun yang benar adalah nasihat. Kata nasehat diartikan sebagai nasihat dalam KBBI. Sementara kata nasihat memiliki arti sebagai ajaran, anjuran, petunjuk, peringatan, teguran, dan sebagainya.

Benar! Ups.. Salah!

Penulisan yang benar adalah subjek, meski seringkali diucapkan sebagai subyek.

Benar! Ups.. Salah!

Yang benar adalah asas. Artinya yaitu dasar, dasar cita-cita, hukum dasar.

Benar! Ups.. Salah!

Merupakan kata serapan (risk), dengan penulisan yang baku adalah risiko. Artinya adalah akibat yang kurang menyenangkan dari sebuah tindakan atau perbuatan. Sementara itu, resiko adalah bentuk penulisan tidak baku dari risiko.

Benar! Ups.. Salah!

Sama halnya seperti hadis di atas, penulisan adzan adalah bentuk dikte dari pengucapan dalam Bahasa Arab. Dalam penyerapannya di Bahasa Indonesia, penulisan yang betul adalah azan.

Mana Penulisan Kata Bahasa Indonesia yang Betul?
Nggak papa, kamu masih bisa belajar lagi kok.
Lumayan juga, kamu cukup banyak tahu.
Wow, nilai Bahasa Indonesia-mu pasti tinggi. Jawabanmu benar semua!